Kunai

(LATAM) TS & MADAPALA IN MERBABU MOUNTAIN

Ortom Tapak Suci Denagan UKM Madapala
Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta di Gunung Merbabu

pada tanggal 26-27 November 2011 bertepatan pada hari Sabtu-Minggu Ortom Tapak Suci mengikuti kegiatan pendakian dan bersih gunung Merbabu yang di selenggarahkan oleh UKM Madapala Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta,acara tersebut di ikuti oleh 82 peserta yang terdiri dari Mahasiswa Madapala ,Tapak Suci dan juga  mahasiswa-mahasiswa UAD yang lainnya sedang dati ortom tapak suci terdiri dari 21 siswa dan 2 pelatih.
acara itu dimulai dengan upacara pemberangkatan pada pukul 08.15-09.00 setelah itu di berangkatkan dari kampus 1 kapas menuju lokasi dengan menggunakan 2 Buah Bis.sampai lokasi sekitar jam 11.30 kemudian peserta di berangkatkan dengan pendakian pemanasan menuju base camp yang berada di salah satu rumah warga di kaki Gunung Merbabu. setelah semuanya sampai semua peserta pun akhirnya makan dan persiapan menuju pos yang berada di pertengahan Gunung Merbabu atau bisa dinamakan dengan Pos 2 .
peserta terbagi menjadi 9 kelompok dari kelompok 0-8, sedang tapak suci sendiri terbagi menjadi 3 kelompok yaitu kelompok 0,7 dan 8 yang masing-masing kelompok terdiri dari 7-9 orang memang dalam acar pendakian ini dari Ortom Tapak Suci berniat untuk menjadikan kesempatan itu sebagai wahana ajang latihan alam yang dimana didalamnya kita dikenalkan dengan medan yang sangat menantang yang sebelumnya belum pernah kita temui, guna melatih Fisik,Mental dan juga Emosional dari tiap-tiap siswa tapak suci UAD.
Setelah semua kelompok sudah siap kita pun mulai di berangkatkan menuju pos kedua yang berada di pertengahan Gunung Merbabu,dalam perjalanan tersebut banyak sekali diantara kelompok kelompok mulai kelelahan, akan tetapi berbeda dengan anak-anak Tapak Suci..! mereka sangat bersemangat sekali dalam pendakian tersebut,hingga pendamping lapangannya yang tertimggal oleh kelompok-kelompoknya “anak buahku atlit–atit semua jew…hehheh” ujar salah satu PL kelompok.
Sesampai di lokasi Pos kedua sekitar pukul 20.00 semua sudah berada di tempat. dengan tenda yang telah dipersiapkan oleh panitia Madapala sebelumnya,kita semua pun melepas kelelahan yang ada, dengan menghangatkan tubuh di samping api unggun karena rasa dinggin yang sangat mencekam, selain itu juga ada yang memasak mie, memasak air sebagai minuman penghangat tubuh, dan lain sebagainya,setelah itu semua selesai kita pun di wajibkan untuk istirahat, guna menjaga kondisi badan agar tetap fit,karena pada pukul 01.30 dini hari kita akan melanjutkan pendakian lagi menuju kepuncak gunung Merbabu.
Ditengah gelapnya malam dan di temani rasa dingin yang sangat luar biasa kita pun berangkat menuju puncak denagn semangat yang berkobar-kobar. akan tetapi dari sekian kelompok yang berangkat hanya dua kelompok yang bisa sampai ke punjak tertinggi Gunung Merbabu,memang pada awalnya telah di sepakati bahwa bagi semua kelompok yang berangkat ketika sudah pukul 07.00 sesampai dimanapun pendakiannya,maka harus turun gunung. karena ada serangkaian acara yang harus diikuti,sehingga tidak salah bahwa salahsatu PL Madapala berkata : “Sampai dipuncak adalah sebuah bonus yang tersendiri,yang terpenting adalah semangat kita dalam mendaki, dan membersihkan gunungnya harus tetap ada,dan ikhlas semata-mata hanya untuk Mentadaburi salah satu ciptaan Robb Semesta Alam”.

Dari sekian pristiwa yang telah kita lalui dalam pendakian, dapat kami ambil hikmah bahwa kita semua ini adalah makhluq yang sangat kecil dimata-Nya, tiada berhak kita untuk menyombongkan diri di atas bumi-Nya.dan juga bisa kita petik pelajaran yang sangat berharga yaitu tentang rasa Persaudaraan,Emosional dan juga Kerjasama Tim ,semua kita lakukan dengan hati yang senang dan riang gembira tidak ada keluh dan kesah dihati, walaupun sebenarnya kaki rasanya mau remuk karena kecapeaan mendaki, itu semua menjadi kenangan yang indah nan berarti bagi kami untuk bekal kami di kemudian hari, karena kami adalah Tapak Suci Unit 001 UniversitasAhmad Dahlan Yogyakarta. By:Mucliz.& edtitor:Adiz